Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

Rate this article:
(14 Voting)

Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)


Ketika membeli HP Xiaomi baru pasti akan mendapatkan ROM bawaan. ROM yang diperoleh kemungkinan ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal). Ketika membeli di tempat resmi ROM yang didapatkan pasti ROM global. Namun ketika membeli di tempat tidak resmi banyak yang bertanya tanya tentang ciri dan perbedaan ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

Yang paling sering ditanyakan tentang ROM MIUI adalah ROM mana yang paling bagus? beda ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal) apa? bagaimana cara cek ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal). Silahkan simak artikel berikut tentang ROM Xiaomi

Sebenarnya ROM MIUI merupakan custom ROM dari android murni (AOSP: Android Open Source Project). AOSP ini dikembangkan oleh pihak Xiaomi kemudian dimodifikasi sehingga menjadi ROM baru yaitu ROM MIUI.

Jenis ROM pada Xiaomi sendiri bermacam macam yaitu ROM stable dan ROM developer. Selain kedua ROM diatas ada pihak lain yang melakukan modifikasi, ROM ini disebut ROM Distributor oleh para MIUIers (MIUI Users). Mari kita bahas tentang ciri dan perbedaan ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

Ciri dan perbedaan ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

JIka inging mengetahui perbedaan rom global dan rom abal abal silahkan simak penjelasan masing masing ROM berikut ini

1. ROM Stable (ROM global dan ROM china)

ROM stable merupakan ROM yang resmi dari pengembang MIUI. ROM stable biasanya akan ada update dalam jangka waktu yan kurang pasti, bisa tiap bulan, dua bulan atau bahkan lebih lama.
Kelebihan ROM stable
  • Minim bug
  • Bisa dipakai di seluruh dunia termasuk indonesia
Kekurangan ROM stable
  • Update dalam jangka waktu yang lama, misal dari MIUI 8 ke MIUI 9.
ROM stable ini terbagi jadi 2 versi yaitu ROM Global stable dan ROM Global China stable. Ciri ROM stable yang paling mudah untuk dilihat adalah jumlah digit pada "about phone" yang hanya terdiri dari 4 digit. 

Cara cek ciri ROM stable termasuk global atau china

Masuk ke setting -> about phone, lihat pada MIUI version. Akan ada 4 digit pada MIUI version dan di ikuti Kode. Misal 8.1.2.0(MAAMIDI). Untuk membedakan ROM global dan china liha pada kode bentukan.


Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

8.1.2.0(MAAMIDI) merupakan versi global, terdapat kode "MI" pada kode bentukannya. ROM global memiliki setting berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia.
8.2.3.0(NXKCNEC) merupakan versi china, terdapat kode "CN" pada kode bentukannya.ROM China hanya memiliki setting bahasa China dan Bahasa Inggris.

Aplikasi pre-installed ROM MIUI

ROM Global Stable (ROM resmi internasional)

  • Pada ROM Global stable terdapat alplikasi bawaan dari Google yaitu Google play store, gmail, Maps, hangouts dan aplikasi google lainnya. ROM ini memakai "Google keyboard" dan "swiftkuy keyboard" yang sudah terinstall. Tidak ada aplikasi yang terlihat aneh yang memakai bahasa china.

ROM China stable (ROM resmi China)

  • Pada ROM china stable tidak ada aplikasi google yang pre-installed, sebagai gantinya terdapat alplikasi App store (mi store dengan menggunakan bahasa china). Terdapat aplikasi aneh pada ROM ini, dan biasanya menggunakan bahasa China.

Bagi pengguna yang tidak suka dengan oprek HP ROM ini sangat cocok, karena ROM ini sangat stabil, namun untuk update versi terbaru membutuhkan waktu yang lama.


2. ROM Developer (ROM Global dan ROM China)


Cara cek ROM developer seperti halnya cek ROM stable, yaitu melihat MIUI versions pada about phone. Pada kode MIUI versions biasanya diawali dengan angka 6 atau 7 dan biasanya hanya terdapat 3, 4, atau 5 kode. Kode ini merupakan kombinasi dari tahun.bulan.tanggal. Sebagai contoh:
7.9.22(MAAMIDI) berati ROM ini update pada tanggal 22 september 2017. ROM developer selalu ada update tiap minggu, biasanya update tiap hari jumat dan akan ada perbaikan.

Kelebihan ROM developer
  • Ketika ada bug akan cepat ditanggapi dan akan ada update setiap minggu
Kekurangan ROM Developer
  • Seringkali terdapat bug, karena ROM Developer bisa dikatakan ROM yang sedang dikembangkan oleh MIUI.

ROM developer juga terbagi menjadi 2 yaitu ROM china dan ROM global. Cara cek ROM global atau ROM china juga sama ketika cek versi ROM stable yaitu melihat kode bentukan pada MIUI Versions
(MAAMIDI) merupakan versi global, terdapat kode "MI" pada kode bentukannya. ROM global memiliki setting berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia.
(NXKCNEC) merupakan versi china, terdapat kode "CN" pada kode bentukannya.ROM China hanya memiliki setting bahasa China dan Bahasa Inggris.

ROM developer tidak dianjurkan bagi pengguna biasa, jika kurang pengetahuan tentang dunia oprek android sebaiknya tidak menggunakan ROM developer, karena ROM developer akan selalu ada bug yang harus diperbaiki. Pada intinya ROM Developer adalah ROM yang sedang dikembangkan untuk menjadi ROM stable

3. ROM Distributor (ROM abal abal)

ROM distributor atau ROM abal abal biasanya terinstall pada HP Xiaomi yang dijual tidak resmi. Pada dasarnya ROM distributor adalah ROM china yang di modifikasi agar ada bahasa Indonesia dan memiliki aplikasi Google play store. ROM Distributor sekilas sama dengan ROM Global karena terdapat google play store dan bahasa indonesia.

Ciri ciri ROM distributor

Untuk cek ROM distributor silahkan lihat pada kode bentukan MIUI versions yang ada di About phone.  Ciri ciri ROM distributor akan memiliki kode lebih dari 4 digit. Misal 8.0.50.0(LXKCNDG). Terdapat kode 8.0.50.0 yang terdiri dari 5 digit. Pada ROM distributor biasanya terdapat aplikasi yang tidak jelas, misal Du Battery saver, uc news dan lain lain. 

Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal)

Kelebihan ROM distributor
  • Menurut saya tidak ada kelebihan
Kekurangan ROM distributor
  • Tidak akan ada update Untuk ROM distributor karena ROM abal abal.
  • Terdapat banyak bloatware, spyware, dan iklan yang terkadang muncul sendiri sehingga HP Xiaomi jadi cepat panas dan boros batery serta boros kuota.
  • ROM distributor sangat tidak dianjurkan, jadi jangan pernah gunakan ROM distributor.
Jika Xiaomi kamu ternyata memiliki ROM distributor jangan panik, ada cara merubah ROM distributor ke Global, silahkan ikuti panduannya.
Bagaimana? sudah tahu perbedaan rom global dan rom abal abal? semoga bisa membantu
Silahkan lakukan pengecekan pada HP xiaomi kamu, apakah termasuk MIUI ROM Global/China, Developer atau Distributor (abal abal). Semoga artikel yang membahas tentang Ciri dan Perbedaan MIUI ROM Global/China, Developer dan Distributor (abal abal) ini bermanfaat.

Semua Tips n Trik

Komentar Baca Semua Komentar

Tulis Komentar

antispam