Begini cara mengisi baterai smartphone yang benar

Begini cara mengisi baterai smartphone yang benar

Rate this article:

Begini cara mengisi baterai smartphone yang benar


Bagaimana cara mengisi baterai smartphone yang benar? pertanyaan ini sering muncul bagi kamu yang baru membeli HP baru maupun Hp second. Daya tahan baterai masih merupakan masalah yang paling banyak ditemui oleh para pengguna HP golongan smartphone. Jika ingin baterai kamu awet, salah satu cara merawat baterai adalah dengan memperhatikan cara mengisi baterai smartphone yang benar. Mungkin terdengar sepele namun hal ini akan menjadi faktor penentu daya tahan baterai dan umur baterai. Lalu bagaimana cara mengisi baterai smartphone yang benar? sobat bisa ikuti tips dan trick dari paguphone berikut ini

Ketika akan mengisi atau charge baterai HP perhatikan point point penting berikut

1. Jangan biarkan lama di posisi 0%

Ketika baterai berada dibawah 10% rata rata smartphone akan ada nofitikasi untuk melakukan charge. Ketika sudah berada dalam posisi ini sebaiknya lakukan pengisisan ulang baterai HP, jika tidak segera masuk ke dalam Mode pesawat jika tidak sempat melakukan isi ulang. Lalu ketika terpaksa sampai posisi 0% jangan biarkan terlalu lama, meskipun HP dalam keadaan mati HP masih bekerja dalam mode Bios.

2. Gunakan Charger Original

Mungkin kelihatan sepele, namun sebenarnya hal ini sangat fatal. Setiap vendor sudah melakukan setting mengenai daya Charger, misal output 0.75A, 1A, 1.5A, 2A. Antara tablet dan HP tentu memiliki charger dengan output yang berbeda, dan Charger Original tentu akan memiliki daya output yang sudah disetting dengan sesuai standartnya.

3. Perhatikan Output charger yang dipakai

Terkadang ketika kita sedang pergi dan lupa membawa charger original atau memang terpaksa harus memakai charger bukan bawaan sebaiknya perhatikan output charger tersebut. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi, ketika HP kita membutuhkan 2A maka carilah yang output 2A, jika kurang maka proses charging akan lama dan HP menjadi panas, atau jika kelebihan charging juga akan terlalu cepat, dan hal ini akan berakibat buruk terhadap baterai kita.

Lalu bagaimana cara mengisi baterai smartphone yang benar?


1. Jangan gunakan HP ketika proses Charging

Terkadang karena tidak sabar untuk menggunakan HP baik untuk sosmed dan lain lain kita melakukan aktifitas HP bersamaan dengan proses charging. Hal ini akan menyebabkan proses pengisian daya jadi lama dan menyebabkan HP jadi panas

2. Jangan bermain game sambil di charge

Kebiasaan yang paling sering ditemui adalah bermain game sambil charge HP. Sebaiknya bersabar sedikit demi keawetan baterai. Selain itu bermain game sambil di charge akan mengakibatkan proses pengisian yang lama dan HP cepat panas

3. Jangan charge HP menggunakan kabel USB di PC atau Laptop

Hal ini sering dilakukan banyak orang, dimana tanpa mereka sadari justru membuat baterai tidak awet, dan tentu saja proses charging akan sangat lama.

4. Tidak perlu melakukan charge sampai 100%

Ketika charging HP sobat tidak perlu menunggu harus 100% penuh, hal ini tidak mempengaruhi tentang keawetan baterai, cukup diatas 90% HP sudah siap digunakan tanpa harus menunggu 100%.

5. Lakukan charge ketika posisi 20% - 40%

Pada siklus ini saat yang tepat untuk charge baterai HP dan akan membuat baterai awet.

6. Masuk dalam mode pesawat.

Jika ingin proses charging dengan cepat, maka buat mode pesawat. Selain mempercepat proses charging hal ini juga akan meringankan kerja baterai ketika melakukan pengisian daya dan tentu saja akan lebih cepat penuh.

Baik sobat semoga tips dan trick tentang cara mengisi baterai smartphone yang benar berguna buat sobat. selamat mencoba dan tentu saja rawat baterai HP kamu dengan benar ya.

Semua Tips n Trik

Komentar Baca Semua Komentar

Tulis Komentar

antispam