Cara Mengatasi “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti” di HP Android

Cara Mengatasi “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti” di HP Android

Rate this article:
(4 Voting)

Cara Mengatasi “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti” di HP Android


Menu pengaturan adalah menu yang sangat penting di HP android. Ketika kita akan melakukan costumisasi pada HP misal mengatur tampilan, mengatur aplikasi, mengatur wifi, bluetooth dan lain sebagainya maka kita pasti akan memerlukan setting pada android. Terkadang fitur pengaturan ini akan mengalami crash atau error. Jika fitur pengaturan ini error maka kita tidak bisa mengatur atau melakukan setting pada Android. Biasanya error yang terjadi adalah munculnya pemberitahuan “Unfortunately, Setting Has Stopped” atau "Sayangnya Setelan telah berhenti". Bagaimana cara mengatasi "Sayangnya Setelan telah berhenti"? sobat bisa ikuti tips dari paguphone berikut

Cara Mengatasi Setelan telah berhenti

Dalam hal ini untuk mengatasi "Sayangnya Setelan telah berhenti" pada Android ada 2 cara, yaitu dengan cara melakuan Hard reset atau dengan cara melakukan flash ulang system Android. Sebelumnya sebaiknya kenali dahulu penyebab dari munculnya pesan "Sayangnya Setelan telah berhenti" pada Android. Error ini bisa jadi karena OS terkena virus, OS belum update, cache terlalu numpuk atau bisa saja karena terlalu banyak aplikasi yang crash. Oke sobat silahkan ikuti tips berikut untuk mengatasi "Sayangnya Setelan telah berhenti".

Cara 1: Lakukan hard reset

Cara pertama untuk mengatasi setelan telah berhenti adalah dengan cara hard reset pada smartphone Android. Untuk melakukan Hard reset tiap vendor berbeda, namun pada dasarnya berusaha masuk ke recovery. Secara umum semua android untuk melakukan hard reset adalah dengan cara:
1. Posisi Android dalam keadaan mati
2. Tekan tombol power kemudian secara bersamaan tekan tombol volume Down, tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan recovery.
3. Masuk ke recovery cari pilihan "Hard reset" atau bisa dengan mencari pilihan "wipe data"
4. Tunggu beberapa saat dan silahkan cek apakah fitur setting sudah bisa dipakai lagi

Cara 2: Lakukan flash ulang OS

Jika dengan cara hard reset masih belum bisa mengatasi "Sayangnya Setelan telah berhenti" maka silahkan lakukan flash ulang OS android sobat, karena bisa dipastikan OS Android sudah crash. Melakukan flash Android untuk tiap vendor akan berbeda cara, sebagai contoh untuk install ROM pada Xiaomi akan berbeda dengan flash ROM pada Nokia. 
Oke sobat itu tadi tips dari paguphone untuk mengatasi "Sayangnya Setelan telah berhenti" pada Android, semoga bermanfaat. 


Semua Tips n Trik

Komentar Baca Semua Komentar

Tulis Komentar

antispam