Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone

Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone

Rate this article:
Konektor Charger HP atau port charger adalah bagian pada smartphone yang tidak bisa dipisahkan. Pada umumnya, semua perangkat smartphone pasti memiliki daya untuk menjalankan OS, baik itu android ataupun iOs. Semua perangkat HP dari bermacam vendor seperti samsung, Oppo, Vivo, Huawei, Sony, Apple, Xiaomi, Honor dan lain lain pasti memiliki port charger. Fungsi port charger atau Konektor charger itu sendiri selain untuk pengisian daya baterai, juga dipakai untuk media transfer file dari PC ke smartphone atau sebaliknya. Dengan demikian, konektor HP ini memiliki peran yang sangat penting pada smartphone.

Konektor charger merupakan media penghubung antara smartphone dengan perangkat lain, seperti adaptor charger dan kabel USB. Adaptor charger sendiri berfungsi untuk pengisian daya, sedangkan kabel USB bisa untuk transfer file. Konektor charger ini sangat berguna sekali untuk media transfer file, bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan transfer melalui wifi atau bluetooth.

Dalam dunia smartphone, ada beberapa jenis konektor charger yang tersedia. Tiap vendor bahkan memiliki jenis konektor yang berbeda. Lihat saja vendor apple, memiliki jenis konektor charger yang berbeda dengan smartphone yang lain. Sampai saat ini perkembangan konektor pada HP menjadikan beberapa jenis konektor pada HP yang bervariatif.

Disini akan dijelaskan Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone yang wajib diketahui. Dengan mengetahui informasi ini, bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika akan membeli smartphone. Paling tidak tidak salah beli konektor HP (Misal charger) untuk HP kesayangan kamu.

Berikut ini adalah beberapa Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone yang ada saat ini. Jenis konektor berikut ini sangat mudah untuk dikenali.

Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone


1. Konektor Charger Mini-USB


mini usbFoto: Shutterstock

Jenis konektor HP yang pertama adalah Mini USB. Seperti namanya, seri ini berbentuk mini, konektor ini biasanya ada pada HP versi lama. Jika kamu memiliki HP misal Xiaomi, samsung model baru atau Sony, konektor jenis ini sudah tidak ada lagi. Saat ini jenis Mini USB ini sudah mulai ditinggalkan.


2. Konektor Charger Micro-USB


micro usb

Jenis konektor yang kedua adalah jenis Micro-USB. Setelah jenis mini USB mulai ditinggalkan, Micro-USB banyak digunakan oleh vendor smartphone seperti samsung, sony, xiaomi dan lain lain. Sampai saat ini, jenis Micro-USB ini adalah jenis konektor yang paling banyak dipakai.

Kelebihan Micro-USB:

  • Karena mayoritas smartphone menggunakan konektor ini, tentu Micro-USB mudah dicari daripada versi sebelumnya. Micro-USB compatible dengan banyak smartphone, jadi mudah untuk meminjam charger teman ketika akan mengisi daya.
  • Mudah ditemui di berbagai toko. Jika konektor kamu rusak, untuk membelinya kembali sangat mudah. Hampir di semua toko accesoris HP pasti menjual type Micro-USB ini.

Kekurangan Micro-USB:

  • Banyaknya beredar Micro-USB abal abal dengan kualitas rendah sehingga berpotensi merusak smartphone ketika mengisi daya.
  • Jika menggunakan Micro-USB abal abal, sering terjadi layar HP loncat loncat.


3. Konektor Charger Type-C


usb type C

Jenis konektor berikutnya adalah Charger Type-C. Jenis ini adalah terobosan terbaru dari pada produsen smartphone Android. Dengan jenis Type-C, fitur "fast charger" akan mampu berjalan dengan baik. Dengan fast charger ini, pengisian daya dapat dilakukan lebih cepat hingga 50%. Rata rata jenis smartphone flagship menggunakan konektor jenis Type-C.

Kelebihan konektor Charger Type-C:

  • Karena bentuknya yang simetris, penggunaan bisa bolak balik tidak seperti jenis sebelumnya.
  • Type-C mendukung fitur fast charging yang mampu mempercepat proses pengisian daya
  • Proses transfer data dari PC ke HP atau sebaliknya lebih cepat daripada versi Micro-USB

Kekurangan konektor Charger Type-C:

  • Belum semua smartphone menggunakan Type-C, hanya dipakai HP mid hingga high range saja
  • Harga lebih mahal dari Micro-USB


4. Lightning


usb lightning

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan produk Apple, mungkin akan terlihat asing jenis konektor berikut ini. Jenis ini adalah jenis lightning yang biasa dipakai oleh Apple untuk konektor iPhone ataupun iPad. Secara sekilas jenis ini memiliki bentuk yang mirip Type-C. 

Kelebihan usb lightning:

  • Hanya ada pada merek Apple, sehingga terlihat sangat ekslusif.
  • Lightning sudah mendukung MFI, sehingga kasus layar loncat seperti pada Android bisa dihindari.
  • Virus tidak bisa melewati jenis Lightning

Kekurangan usb lightning:

  • Harga mahal, hanya bisa dipakai pada smartphone keluaran Apple.
  • Mudah rusak, karena banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan charger mereka sering rusak


Itu tadi penjelasan mengenai Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone. Mudah mudahan informasi ini bisa memudahkan kamu menemukan jenis konektor yang cocok dengan smartphone kamu.


Semua Artikel

Komentar Baca Semua Komentar

Tulis Komentar

antispam