kenapa hp cepat panas, ini penyebab hp panas dan cara mengatasi hp cepat panas

kenapa hp cepat panas, ini penyebab hp panas dan cara mengatasi hp cepat panas

Rate this article:

kenapa hp cepat panas, ini penyebab hp panas dan cara mengatasi hp cepat panas


Saat ini ketergantungan pada smartphone sudah menyebar, kita seolah olah tidak bisa lepas dari smartphone di dalam kegiatan sehari hari. Misal untuk bermain internet atau berselancar, aktif di media sosial, bermain game, jualan online dan lain sebagainya. Karena terlalu sering digunakan bahkan secara nonstop yang sering terjadi adalah hp cepat panas. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri ketika hp android panas sendiri. Kejadian ini sering menimbulkan pertanyaan dalam diri kita yaitu apa penyebab hp panas dan cara mengatasi hp cepat panas. 

Apa penyebab HP panas dan bagaiman cara mengatasi hp cepat panas

HP android yang cepat panas adalah sesuatu yang tidak wajar, apalagi hp android panas sendiri tanpa sebab. Terkadang hp kita biarkan tanpa digunakan lalu hp tiba tiba panas sendir. Jika kamu mengalami hal ini maka HP kamu tidak normal. Atau ketika kita sedang asik berselancar internet baru beberapa menit hp cepat panas saat internetan, hal ini juga hal yang tidak wajar buat android kamu. Lalu apa penyebab hp panas?. Rata rata mesin hp cepat panas karena penggunaan CPU dan GPU yang terlalu berat, dan juga penggunaan aplikasi aplikasi yang berat juga bisa menjadi penyebab hp panas. Mari kita bahas dahulu tentang "overheating" pada hp agar lebih jelas mengenai penyebab hp panas.

Jenis overheating pada HP :

  • CPU & GPU Overheating
  • Battery Overheating
  • Overheating ketika Upgrade Software

CPU & GPU Overheating

Ciri ciri : akan panas jika HP digunakan, namun jika HP tidak digunakan maka HP tidak bermasalah
Jenis overheating ini merupakan jenis yang paling umum, dan jika mengalami hp panas karena overheating pada CPU dan GPU kita dapat mengontrolnya dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Misal ketika kita main game biasanya akan membutuhkan kinerja GPU dan CPU yang sangat tinggi. Untuk mengatasi hp cepat panas karena hal ini cukup lakukan hal berikut ini
  • Hapus aplikasi yang tidak perlu: semakin banyak aplikasi yang terinstall maka peluang hp cepat panas juga tinggi. Hanya dengan uninstall beberapa aplikas yang memang jarang atau tidak pernah dipakai sama sekali akan membantu meringankan kinerja GPU dan CPU. Terkadang aplikasi yang tidak terpakai akan berjalan otomatis pada background, artinya meskipun kita tidak membuka aplikasi tersebut aplikasi tetap berjalan yang mengakibatkan GPU dan CPU harus bekerja keras.
  • Hapus file Cache & sampah: Hal ini sepele, namun akan sangat membantu jika mengalami hp cepat panas. Jika sampah dan cache penuh, maka kerja CPU akan lebih keras dari biasanya.
  • Kelola jaringan 4G/LTE: jika menggunakan jaringan 4G sebaiknya pastikan sinyal di tempat memang bagus. Jika jaringan 4G kurang bagus maka CPU serta "radio" akan bekerja terus menerus sampai mendapatkan jaringan yang cukup. Jika jaringan kurang bagus, sebaiknya pindahkan ke jaringan biasa (H atau H+). Akan lebih bagus lagi jika bisa menggunakan jaringan wifi, kerja CPU tidak begitu berat.

Battery Overheating

Ciri ciri: yang mengalami panas adalah daerah baterai. Untuk mesin HP tidak mengalami panas, cukup pegang area baterai panas atau tidak untuk mengeceknya. 
Jika baterai mengalami panas saat berselancar dengan jaringan 4G atau Wifi maka ada masalah dengan baterai. Baterai yang normal tidak akan mengalami panas yang berlebihan ketika di "charge". Jika Baterai cepat panas dan bentuknya sedikit menggelembung, bisa dipastikan baterai harus diganti. Biasanya baterai akan cepat habis dan panas.
Jika baterai hp mengalami kerusakan, sebaiknya lakukan penggantian baterai. Siklus normal baterai adalah pengisian ulang kurang lebih 500 kali, atau sekitar 1,5 tahun. Harap berhati hati dengan baterai yang rusak, karena bisa meledak kapan saja. Agar baterai awet sebaiknya perhatikan cara charge baterai yang benar.

Overheating ketika Upgrade Software

Overheating jenis ini memang jarang terjadi, namun untuk HP samsung (Samsung Galaxy Note 4, AT&T Galaxy Note Edge and Galaxy Note 3) tidak sedikit yang melaporkan HP panas ketika update software. Setelah pihak AT&T serta verizon melakukan perbaikan dan membuat rilis Update OTA baru hal ini sudah bisa diatasi. Jika pada HP Xiaomi, penyebab HP cepat panas kebanyakan karena memakai ROM abal abal, jadi sebaiknya ganti ROM global untuk mengatasinya. Jika masalah seperti ini kamu alami (HP panas ketika upgrade OTA) sebaiknya tunggu update rilis OTA terbaru.

itu tadi 3 penyebab utama HP cepat panas, semoga artikel mengenai penyebab hp cepat panas dan cara mengatasi hp cepat panas ini bermanfaat, silahkan share jika artikel ini membantu.
 

Komentar Tulis Komentar

Tulis Komentar

antispam

Semua Tips n Trik