Kekurangan kelebihan Magisk dan cara root menggunakan Magisk Manager

Kekurangan kelebihan Magisk dan cara root menggunakan Magisk Manager

Rate this article:
(83 Voting)

Pengertian dan cara menggunakan Magisk Root

Bingung dan baru mengenal aplikasi Magisk Root, tidak masalah karena memang aplikasi magisk bisa dikatakan baru. Pada dasarnya magisk adalah aplikasi untuk root android seperti halnya SuperSu. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian Magisk, kelebihan dan kekurangan magisk, serta cara menggunakan magisk dan magisk manager untuk root android.

Pengertian Magisk Root

Sebenarnya apa sih pengertian dari magisk Root. Sebagian orang masih bertanya pengertian dari magisk Root. Sebelum munculnya magisk root selama iki kita mengenal dengan aplikasi dari Chainfire's yaitu SuperSu. Ketika kita akan melakukan root pada Android yang pertama kita pikirkan adalah SuperSu, namun saat ini sudah ada alternatif yang menurut saya lebih bagus dari SuperSu yaitu aplikasi Magisk. Aplikasi Magisk dikembangkan oleh Topjohmu, member dari XDA Developer. Magisk sudah dikembangkan sejak Oktober 2016, namun mulai dikenal pertengahan 2017.

Kelebihan Magisk Root

Banyak yang mulai menggunakan Magisk untuk melakukan Root, hal ini karena magisk memiliki kelebihan. Apa kelebihan Magisk root? Saat ini magisk root bisa dikatakan lebih bagus dari superSu, jika menggunakan Magisk kita bisa menyembungikan status "root" pada android. Hal ini menjadi kelebihan magisk, karena terkadang ketika android dalam posisi root ada beberapa aplikasi yang tidak mengijinkan untuk di install pada android yang dalam posisi root, misalkan aplikasi perbankan. Dengan Magisk status root bisa disembunyikan
Kelebihan magisk root yang lain adalah tetap mendukung update via OTA. Jika posisi android dalam keadaan root pasti tidak akan bisa update melalu OTA, namun dengan Magisk root update melalui OTA akan tetap bisa berjalan.

Kekurangan Magisk Root

Setiap aplikasi Android pasti ada kekurangan dan kelemahan, hal ini berlaku juga untuk aplikasi magisk root. Kekurangan magisk root adalah berpotensi besar terjadinya bootloop pada android bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone, dan selalu ada quote buat kamu yang ingin mencoba install magisk root "do with your own risk"


Pengertian, cara menggunakan, kelebihan dan kekurangan Magisk root

Cara Kerja Magisk Root

Magisk bekerja secara Systemless sebagai Universal Systemless Interface dimana sistem ini tidak mengubah partisi sistem. Belum diketahui secara pasti apakah Magisk mampu menjebol sistem keamanan android seperti "Knox" pada Samsung karena pada dasarnya untuk melakukan ROOT pada Android adalah menjebol sistem keamanan android.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi magisk root? silahkan ikuti langkah berikut untuk menggunakan magisk root.

Cara Menggunakan Magisk Root

1. Flash Magisk Root via TWRP

  • Ketika install Magisk Root melalui TWRP maka sebaiknya install dahulu TWRP pada android
  • Download Magisk root terbaru dan ikuti langkahnya untuk install melalui TWRP (penjelasan dan cara ada pada artikel tersebut)

2. Root Melalui Magisk Manager Apk

  • Download magisk manager.apk terbaru kemudian install di HP
  • Jika muncul "Install Blocked" buka "Pengaturan -> Keamanan -> centang "Unknow Source".
  • Magisk akan deteksi perangkat lalu muncul popup, silahkan tap "Install".
  • Pilih metode yang akan digunakan "Download Zip Only" atau "Patch Boot Image File".
  • Fila akan di download otomatis, lalu magisk akan membuat script recovery dan mulai melakukan rooting.
  • Tunggu hingga proses rooting selesai
  • Setelah berhasil root HP akan restart otomatis, jika tidak restart silahkan restart secara manual

Cara mengatasi bootloop setelah install magisk

Bootloop setelah install magisk memang rawan terjadi, namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan uninstall magisk dan masalah selesai.
  • Download Magisk-Uninstaller.zip terbaru kemudian simpan ke ponsel.
  • Matikan ponsel lalu masuk ke "TWRP".
  • Pilih "Install" silahkan cari file Magisk-Uninstaller.zip yang sudah download tadi.
  • Install dengan "Swipe to confirm flash".
  • setelah selesai install silahkan lakukan "Wipe Dalvik/Cache".
  • pilih "Reboot to System" dan selesai.

Cara Menyembunyikan Status Root dari Deteksi Aplikasi

Salah satu kelebihan magisk root adalah menyembunyikan status "root" pada android. berikut ini cara menyembunyikan status root dengan aplikasi magisk.
Setelah install Magisk managers silahkan masuk ke "Pengaturan / Settings" lalu aktifkan "Magisk Hide", lalu back dan pilih "hide" pada setiap aplikasi yang ingin disembunyikan agar tidak deteksi status root.
Magisk Manager juga memiliki fitur yang lain misalnya sytemless file hosts untuk memblokir iklan, Xposed Framework systemless, mod audio seperti fitur ViperAudio atau Dolby Atmos serta beberapa fitur penting lainnya.

Itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Magisk, kekurangan dan kelebihan Magisk serta cara menggunakan Magisk Root, semoga bermanfaat
ROM and Root Lainnya
Komentar Baca Semua Komentar
Tulis Komentar
antispam