[custom ROM] kenali Custom ROM apa untung dan rugi memakai custom ROM

[custom ROM] kenali Custom ROM apa untung dan rugi memakai custom ROM

Rate this article:
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan custom ROM MIUI? Custom ROM pada dasarnya Android ROM yang sudah dimodifikasi. Android merupakan proyek OS terbuka, jadi siapa saja bisa mendapatkan kode Android untuk dimodifikasi ataupun di customize. Dengan custom yang ditambahkan maka ROM yang semula bisa menambahkan perbaikan, fitur atau kemampuan lainnya dari ROM tersebut. Dengan custom ROM yang awalnya hanya bisa di install pada device tertentu akan bisa di install pada device yang lain. Misal MIUI yang awalnya hanya untuk Xiaomi bisa di Install untuk device HTC, Sony, LG dan lainnya. Custom ROM bisa didapatkan dengan gratis, terkadang developer untuk custom ROM tertentu menawarkan bagi pemakai untuk donasi seikhlasnya demi kemajuan custom ROM yang dibuat.

Custom yang terkenal dan banyak dipakai oleh Android user adalah
- AOSP
- LineageOs
- Pixel Experience

AOSP adalah sebuah proyek android open source, dan AOSP biasanya custom dari unmodified Rom dan kode dari Google. ROM AOSP tidak mempunyai launcher yang khusus, jadi launcher biasa pada google launcher pada umumnya. Berbeda dengan custom lain yang memiliki launcher yang dimodifikasi seperti TouchWiz, MIUI dan lainnya. Nama pada custom ROM AOSP biasanya mirip dengan nama asli dari ROM yang di custom.

Custom ROM berikutnya adalah lineageOs. Custom ROM ini fokus pada peningkatan performance. Sebenarnya lineageOs berbasis AOSP namun lineageOs fokus untuk meningkatkan performance dari OS. Performance dari LineageOS sangat bagus, lebih bagus dari AOSP akan tetapi masih kurang familiar oleh para user android, justru lebih terkenal untuk AOSP. LineageOS bisa di flash pada device tanpa harus install google app, padahal biasanya semua OS android 1 paket dengan google apps.

Pixel Experience adalah custom ROM yang paling lengkap karena semua aplikasi pada google di kembangkan. Untuk custom ROM ini memiliki boot animation yang sangat bagus, kemudian fitur 3D touchnya menawarkan kita untuk mengatur pilihan aplikasi hanya dengan mengetuk dan ditahan sekitar 2 detik. Misal kita ingin menambahkan kontak, cukup tekan lama aplikasi kontak akan muncul pilihan dalam aplikasi tersebut. Fitur lain yang patut untuk dicoba adalah fitur google assistant, fitur yang mirip siri pada iphone. Fitur google assistant memudahkan kita untuk memberi perintah pada gadget hanya dengan perintah suara, misal ingin membuka aplikasi pesan cukup ucapkan "buka pesan". Google assistant bisa berjalan pada OS android lollipop ke atas. ROM Pixel experience biasanya dipakai pada google pixel.

3 custom ROM diatas banyak digunakan oleh para android user, sebenarnya masih ada lagi namun kurang familiar.

lalu apa keuntungan dan kerugian jika kita memakai custom ROM? simak ulasan berikut

Keuntungan memakai custom ROM
  • Bug fixed: terkadang ROM bawaan dari device mengalami bug, dengan custom ROM bug tersebut bisa diatasi.
  • Overclock dan Underclock: dengan custom ROM kita bisa mengatur apakah akan kita push kemampuan gadget kita dengan Overclock atau bahkan kita turunkan dengan underclock. Hal ini bisa untuk mengatur boros atau tidak baterai yang dipakai tinggal mau di overclock atau underclock tiap orang pasti berbeda alasan
  • Modifikasi: jika kita bosan dengan fitur atau tampilan tertentu kita tinggal customisasi sesuai keinginan kita.
Kerugian memakai custom ROM
  • Tidak ada support: tergantung dari developernya, kalau sedang baik hati custom ROM bisa di support terus, kalau tidak terserah dari developer.
  • Hp jadi brick: dengan menggunakan custom ROM peluang HP jadi brick pasti ada, jadi ketika HP jadi brick (hardbrick atau softbrick) developer custom ROM tidak akan bertanggung jawab.
  • Unlock bootloader: syarat utama ketika akan memakai custom ROM adalah unlock bootloader, dan hal ini otomatis segala garansi yang berlaku akan hilang.
  • Bug muncul kapan saja: berbeda dengan ROM resmi yang selalu ada support dan ditangani oleh team yang terkoordinir, custom ROM lebih sering muncul bug dan tentu saja tergantung developer mau memperbaiki atau tidak (tergantung mood deveoper)

Related articles Semua ROM and Root