google membeli HTC 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,6 triliun

google membeli HTC 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,6 triliun

Rate this article:
Deal, google membeli HTC 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,6 triliun.

Sudah lama sebenarnya tentang desas desus Google akan membeli HTC, namun baru terealisasi bulan september ini. Google memastikan membeli Smartphone HTC dengan nilai 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,6 triliun.

Dengan demikian Google berhasil mendapatkan lisensi non-eksklusif dari pihak HTC. Pembelian ini tidak untuk keseluruhan produk HTC, namun hanya untuk divisi smartphone saja.

Sebenarnya smartphone besutan google yaitu keluarga Pixel merupakan hasil kerjasama Google dengan HTC, namun ketika itu masing masing belum ada kesepakatan tentang kerjasama untuk smartphone HTC. 

Mungkin karena ingin serius dalam dunia smartphone google akhirnya membeli divisi smartphone dari HTC. Rencana pembelian itu diumumkan langsung oleh bos hardware Google, Rick Osterloh, melalui blog resminya.

“Para calon Googlers ini adalah orang-orang yang hebat dan telah lama bekerja dengan kami untuk mewujudkan smartphone Pixel. Kami sangat antusias untuk melihat berbagai hal yang bisa dikerjakan bersama saat kami menjadi tim,” (translated)

Dikabarkan sekitar 2000 karyawan HTC mulai pindah ke Google sementara HTC sendiri masih tetap beroperasi karena yang dibeli google hanya sebatas divisi smartphone.

CFO HTC Peter Shen menyebutkan jika HTC akan tetap mempekerjakan sekitar 2.000 lebih pegawai riset dan desain, meskipun sudah sepakat dengan google tentang jual beli tersebut, HTC mengklaim masih memiliki kurang lebih 4000 pegawai

Meskipun sudah dibeli google, HTC akan tetap memproduksi smartphone, walaupun rata rata pegawai di HTC yang berbakat di dunia smartphone sudah pindah ke Google

CEO HTC Cher Wang berkomentar “Perjanjian ini akan memastikan HTC tetap bisa berinovasi dalam hal pembuatan smartphone dan bisnis realitas virtual Vive,” (translated)

Dengan pembelian HTC ini Google akan menjadi pesaing baru di dunia smarphone, terutama para vendor raksasa samsung, xiaomi dan lainnya. Mengingat mayoritas OS yang dipakai adalah Android yang merupakan OS dari google, mungkin hal ini menjadi keunggulan sendiri bagi google setelah sukses dengan Google Pixel nya.

Bagaiman produk dari HTC setelah dibeli oleh google? kita tunggu saja kiprah dan sepak terjang Google

Related articles Semua News and articles